Tuesday, November 10, 2015

Gunung Semeru

Gunung Semeru atau sering disebut mahameru merupakan gunung merapi tertinggi di pulau Jawa, yang termasuk pada kawasan Taman Nasional bromo Tengger Semeru. Gunung ini terletak antara wilayah administrasi kabupaten Malang dan Lumajang. selain menjadi incaran para pendaki, Gunung Semeru ini telah menjadi incaran para touris lokal maupun luar.
            Jika anda tertarik untuk mendaki gunung ini, pastikan kesehatan anda cukup baik, karena tidak mudah untuk mendaki gunung ini. Dan pastikan anda membawa perlengkapan mendaki dan jangan membawa perlengkapan yang kira-kira tidak terlalu dibutuhkan agar tidak menambah beban yang anda bawa, karena diperlukan waktu kurang lebih sekitar empat hari untuk mendaki Gunung Semeru pulang-pergi. Disarankan juga pendakian dilakukan pada musim kemarau, karena pada musim hujan sering terjadi badai dan tanah longsor. Dan yang terpenting anda memiliki pengetahuan mendaki yang memadai.

            Puncak Gunung Semeru atau yang lebih akrab disebut dengan mahameru memiliki keunikan tersendiri, yaitu kawahnya selalu mengeluarkan letusan berupa asap putih, kelabu sampai hitam setiap sekitar 15-30 menit sekali, sehingga menimbulkan kepulan asap abu dan sesekali berjampur batu kerikil, yang sangat indah dipandang.
            Jika nantinya anda sudah sampai ke punjang Gunung Semeru, anda disarankan untuk tidak ke kawah jonggring saloko dan jangan sekali-kali anda mencoba mendaki dari arah selatan, karena terdapat aliran lahar dan gas beracun atau bahasa yang lebih populer dikalangan warga setempat yaitu wedhus gembel (kambing liar).

            Semoga anda memiliki keberanian yang cukup besar untuk mendaki Gunung Semeru ini, karena nantinya keberanian anda akan terbayar dengan pemandangan yang luar biasa indah dari mulai pendakian sampai puncak mahameru.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Dukung dan beri motifasi melalui komentar