Tuesday, November 24, 2015

Danau Ranu Kumbolo

                Bagi anda penyuka pendakian. Anda mungkin tidak asing lagi dengan  Danau Ranu Kumbolo, danau air tawar yang berada pada gunung semeru. Danau yang seakan-akan surga dibalik ganasnya gunung tertinggi di pulau jawa.  Danau ini terletak pada ketinggian 2.400 meter dpl dengan luas 15 hektar. Danau inilah sumber air bersih bagi para pendaki gunung semeru tersebut.
            Udara Danau Ranu Kumbolo sangat dingin, terutama pada pagi hari suhunya mencapai 0 derajat celcius. Selain suhu udara, danau inipun memilliki pemandangan yang sangat indah. Para pendaki biasanya berburu sunset. Matahari terbit muncul di sela-sela dua bukit hijau berpadu dengan beningnya air danau yang akan menjadi pengalaman tak terlupakan. Ditambah waktu sore danau ini diselimuti kabut yang menjadikan daya tarik tersendiri pada danau tersebut. Dan pada malam hari suhunya mencapai 5 derajat celcius jika udara cerah, dan mata kita akan di manjakan dengan gugusan bintang dari galaksi bima sakti, yang sangat jarang kita lihat di kota-kota besar, karena silaunya cahaya lampu kota.

            Danau Ranu Kumbolo ditembuh sekitar 3-4 jam dengan berjalan kaki, dari ranu pane atau pintu masuk gunung semeru.
Jika anda ingin menginap atau camp di danau ini, anda harus menjaga kebersihan di sekitar danau Ranu Kumbolo, dan pastikan anda membawa jaket tebal, sleeping bag, sarung tangan, dan kaos kaki agar anda tidak kedinginan di sana.
Di sekitar danau ini terdapat beberapa plakat untuk mengenang pendaki yang meninggal dunia di sana. Karena untuk mendaki gunung semeru, anda harus memastikan fisik anda benar-benar kuat. Dan ada beberapa larangan jika anda ke Danau Ranu Kumbolo demi terjaganya kebersihan dan keindahan danau ini.
·                     Dilarang berenang di danau
·                     Dilarang mandi pakai sabun, shampo, dan bahan kimia lain
·                     Dilarang buang air kecil dan besar di danau
·                     Dilarang membuang sampah di sekitar danau
·                     Sampah harus di bawa turun kembali
·                     Dan lain-lain


Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Dukung dan beri motifasi melalui komentar