Wednesday, January 16, 2013

Gunung sawur


Gunung sawar merupakan gunung yang mempunyai ketinggian yang tidak terlalu tinggi yakni sekitar 700 meter di atas permukaan laut. Posisi gunung yang memang sangat setrategis membuat pemerintah tertarik untuk membangun pos pengamatan gunung semeru di atasnya. Lokasi dari gunung sawur adalah di Desa Sawur, kec. Candipuro kabupaten Lumajang, tak jauh dari wana wisata hutan bambu lebih tepatnya berada di sisi selatan. Akses jalan menuju gunung Sawur pun sangat mudah. Dengan pintu gerbang berbentuk portal dan jalanan pavingan semen. Ketika anda sedang berjalan menuju puncak gunung anda akan disuguhi dengan pemandangan perkebunan masyarakat sekitar. Bahkan pada titik tertentu, jalur tersebut terlihat rapi dan bersih dengan adanya rumput hias yang memang sengaja ditanam disepanjang jalur.

Pos pemantau gunung Semeru berada pada titik puncak gunung Sawur dan juga dilengkapi semacam wisma yang biasanya digunakan sebagai penginapan. Di dalam pos pemantau terdapat beragam alat pendeteksi aktifitas vulkanik gunung semeru baik secara digital maupun manual. Tepatnya Ada tiga alat seismograf yang dipasang untuk mengamati aktivitas vulkanik sejumlah gunung di sekitar gunung semeru.

Keistimewaan objek wisata gunung sawur ini adalah kita bisa melihat kemegahan gunung semeru ketika disibak sinar mentari dari arah timur. Guratan-guratan lerengnya terlihat jelas dan indah, apalagi ketika puncak gunung menyembulkan asapnya. Di sana kita juga bisa melihat rekaman seismograf yang merekam jejak gempa dari aktifitas gunung semeru. Selain akan menjadi pengalaman yang mengesankan kita juga akan belajar sedikit mengenai gempa dan aktifitas gunung berapi.

Seperti tempat wisata pada umumnya di tempat pariwisata alam ini juga terdapat warung - warung yang dikelola oleh masyarakat setempat. Pengunjung dapat menikmaji makanan - makanan yang di tawarkan dengan udara sejuk khas pegunungan tentunya sangat asyik menikmati panorama alam gunung semeru.

Artikel Terkait

3 comments:

Dukung dan beri motifasi melalui komentar