Friday, January 25, 2013

Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo merupakan danau tertinggi di pulau Jawa (2400 Mdpl). Ranu Kumbolo adalah salah satu dari danau yang dimiliki oleh Lumajang. Danau yang tepatnya berada di jalur mutlak pendakian Gunung Semeru yakni gunung tertinggi di pulau Jawa (3676 Mdpl), adalah danau yang masih terjaga keperawanannya dalam arti danau ini masih murni tak ada satupun campur tangan manusia yang merubah wujud keindahannya.

Ranu Kumbolo - Pariwisata Lumajang
Ranu Kumbolo - Pariwisata Lumajang
Ranu Kumbolo sendiri biasanya di jadikan pos peristirahatan pertama oleh para pendaki, sebab di sini adalah tempat yang menyediakan sumber air bagi para pendaki.  Di sini terdapat danau yang cukup besar yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan pendakian. Meski sesungguhnya ada mata air lagi di lereng Semeru yakni sumber mani. Selain itu juga disebelah Ranu Kumbolo di sediakan shelter pos istirahat yang biasanya digunakan untuk menginap di hari pertama dan terakhir.

Panorama alam yang disuguhkan oleh Ranu Kumbolo adalah panorama eksotik yang mengejutkan setiap mata yang melihatnya , terlebih ketika matahari terbit maka di tengah danau akan terlihat belahan bukit dengan garis tengah sinar mentari ,di sempurnakan lagi dengan adanya bukit - bukit hijau di sekeliling danau. Kalau beruntung bahkan kita bisa melihat butir-butir es pada musim-musim tertentu. 

Pendaki Semeru Melepas Lelah di Ranu Kumbolo - Pariwisata Lumajang
Pendaki Semeru Melepas Lelah di Ranu Kumbolo - Pariwisata Lumajang
Di Ranu Kumbolo yakni danau yang berada di bagian Barat, kec. Senduro juga terdapat ragam flora dan fauna yang khas, diantaranya adalah bunga anggrek lumut dan burung jalak semeru. Eksotika Ranu Kumbolo akan terlengkapi jika anda berada di "Tanjakan Cinta" yang populer di kalangan pendaki akan mitosnya. Di balik tanjakan cinta tersebut kita di suguhi medan berpetualang di padang savana.

Pecinta Alam Semeru, Senduro - Ranu Kumbolo
Pecinta Alam Semeru, Senduro - Ranu Kumbolo


Artikel Terkait

1 comment:

  1. Ranu Kumbolo ternyata memiliki tempat untuk wisata yg bagus, semoga saja selalu mendapat dukungan baik dari pemerintah maupun investor, biar tambah maju
    terima kasih informasinya kawan

    ReplyDelete

Dukung dan beri motifasi melalui komentar